Rabu, 16 November 2011

alam semesta : terbentuknya alam semesta:

2.1  Pengertian Alam semesta
Alam semesta mencakup tentang mikro kosmos dan makro kosmos. Mikro kosmos merupkan benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat kecil, misalnya atom, elektron, sel, amuba dan sebagainya. Sedangkan makro kosmos merupakan benda-benda yang mempunyai peran yang sangat besar misalnya bintang, planet dan galaksi. Namun para ahli astromomi mendefinisikan alam semesta dalam pengertian yang lebih spesifik yaitu tentang ruang angkasa dan benda-benda langit yg ada di dalamnya.
2.2  Teori terbentuknya alam semesta
Sebelum beranjak kepada teori terbentuknya alam semesta, mari kita sedikit tau mengenai kebenaran dari teori.
Kebenaran ilmu memiliki tingkatan, tingkat tertinggi disebut hukum. Setingkat lebih rendah dari hukum adalah teori dan sebelum teori adalah hipotesis. Hipotesis adalah dugaan sementara yang harus teruji kebenarannya sehingga ia menjadi teori.
Pada jaman kejayaan Yunani, orang percaya bumi merupakan pusat dari alam semesta ini (geosentrisme). Sejak abad pertengahan pengamatan dan pemikiran yang dipelopori copernicu bumi menjadi beliosentrik yaitu matahari menjadi pusat bumi bersama planet-planet lain.
Kemudian dari rasa ingin tahu manusia mengenai alam semesta, timbulah teori-teori tentang terbentuknya alam semesta yang dikelompokan menjadi:
A. Terbentuknya alam semesta menurut pandangan IPA
1.      Teori osilasi
Materi alam semesta bergerak saling menjauhi kemudian akan berhenti, lalu akan mengalami pemampatan demikian seterusnya. Teori ini, mengemukakan bahwa alam semsta sekarang sedang mengembang karena sebelumnya telah terjadi pemusatan.
2.      Teori keadaan tetap (Steady-state theory)
Teori ini berdasarkan prinsip kosmologi sempurna yang menyatakan, bahwa alam smesta, di mana pun dan bilamanapun selalu sama.
Berdasarkan prinsip tersebutlah alam semsta terjadi. Teori ini ditunjang oleh kenyataan, bahwa galaksi baru mempunyai jumlah yang sebanding dengan galaksi lama.
3.      Teori ledakan besar (big-bang theory)
Big Bang (terjemahan bebas: Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) merupakan Teori yang menyatakan bahwa seluruh materi dan energi dalam alam semesta pernah bersatu membentuk sebuah bola raksasa. Kemudian bola raksasa itu meledak dengan hebat karena adanya reaksi inti. hingga seluruh materi mengembang karena penggaruh energi ledakan yang sangat besar, mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan. Setelah berjuta-juta tahun, masa yang berserak itu membentuk kelompok-kelompok galaksi yang ada sekarang. Mereka terus bergerak menjauhi titik pusatnya.
Para ilmuwan percaya bawa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, ini didukung oleh kenyataan pengamatan bahwa galaksi-galaksi itu memang bergerak menjauhi titik pusat yang sama dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.
Pada tahun 1929 Astronom Amerika Serikat, Edwin Hubble melakukan observasi dan melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama, namun bergerak mengembang. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari pengembangan di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar.
Pada saat itu dimana Alam Semesta memiliki ukuran nyaris nol, dan berada pada kerapatan dan panas tak terhingga; kemudian meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis, yang tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut, atau terlalu cepat sehingga membuatnya menjadi kurang lebih kosong. Dan sesudah itu, kurang lebih jutaan tahun berikutnya, Alam Semesta akan terus mengembang tanpa kejadian-kejadian lain apapun. Alam Semesta secara keseluruhan akan terus mengembang dan mendingin.
Alam Semesta berkembang, dengan laju 5%-10% per seribu juta tahun. Alam Semesta akan mengembang terus,namun dengan kelajuan yang semakin kecil,dan semakin kecil, meskipun tidak benar-benar mencapai nol. Walaupun andaikata Alam Semesta berkontraksi, ini tidak akan terjadi setidaknya untuk beberapa milyar tahun lagi.
Menurut teori ini ada beberapa masa yang penting, selama terjadinya alam semesta yakni :
§  Masa batas dinding Planck, yaitu masa pada saat alam semesta berumur 10-43 detik berdasarkan hasil perhitungan Planck.
§  Masa liffy, yaitu masa pada saat alam semesta berumur 10-23 detik dengan jari-jari alam semesta 10-13 dengan kerapatan 1055 kali kerapatan air
§  Masa Quark yaitu masa pada saat alam semesta berumur 10-4 detik. Pada masa partikel-partikel saling bertumpang tindih dan tidak berstruktur serta diikuti dengan terbentuknya badron yang mempunyai kerapatan 109 ton tiap sentimeter kubik.
§  Masa pembentukan Lipton, yaitu masa pada saat alam semesta berumur setelah 10-4 detik.
§  Masa radiasi, yaitu masa alam semesta berumur 1 detik sampai 1 juta tahun. Kemudian pada saat terbentuknya fusi hidrogen menjadi helium mempunyai suhu 109 Kelvin. Pada saat usia alam semesta berumur 105 sampai 106 tahun mempunyai 30000 Kelvin.
§  Masa pembentukan galaksi, yaitu pada masa usia alam semesta 108 – 109 tahun. Pada saat usia ini, galaksi masih berupa kabut pilin yang berputar membentuk piringan raksasa.
§  Masa pembentukan tata surya, yaitu pada usia 4,5 x 109 tahun.
Orang sering kali salah mengartikan Big Bang sebagai suatu ledakan yang menghamburkan materi ke ruang hampa. Padahal Big Bang bukanlah suatu ledakan, bukan penghamburan materi ke ruang kosong, melainkan suatu proses pengembangan alam semesta itu sendiri. Big Bang adalah proses pengembangan ruang-waktu.
B. Definisi Teori Ledakan dan Ekspansi-Kontaksi
Teori ini berdasarkan pemikiran bahwa ada suatu siklus di alam semesta, yaitu ”masa ekspansi” dan ”masa kontraksi” yang diduga siklus ini berlangsung dalam waktu 30 juta tahun.
Dalam masa ekspansi terbentuklah galaksi-galaksi serta bintang-bintangnya. Ekspansi ini didukung oleh adanya tenaga yang bersumber dari reaksi inti hidrogen yang pada akhirnya akan membentuk berbagai unsur lain yang kompleks. Pada masa kontraksi, galaksi-galaksi dan bintang-bintang yang terbentuk meredup dan unsur-unsur yang terbentuk menyusut dengan mengeluarkan tenaga berupa panas yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar